Hirarki Teknis Epoxy

Sejak ditemukannya Epoxy Resin pada tahun 1936 oleh Dr. Pierre Castan dari Switzerland dan Dr. S.O. Greenlee dari Amerika Serikat, telah ada ribuan kombinasi formulasi Epoxy untuk berbagai industri. Berikut adalah beberapa industri terkemuka yang saat ini menggunakan Epoxy: Cat Lantai dan pelapis, perekat, perkakas dan komposit industri, sistem kelistrikan dan aplikasi elektronik, konsumen dan kelautan, aplikasi kedirgantaraan, seni, dan aplikasi angin dan energi. Artikel ini akan berfokus pada industri cat lantai dan pelapis, dan produk terbaik untuk aplikasinya. Meskipun ada banyak pilihan yang dapat diambil seseorang saat menentukan jenis Epoxy yang akan diterapkan, kita harus mengerti bahwa ada hierarki teknis yang jelas dan pasti. Berikut adalah penjelasan yang memberi peringkat Epoxy berdasarkan efektivitasnya.

Hirarki Teknis Epoxy

  1. 100% Solids Resin berbasis Epoxy 1 sampai 20 mils Dry Film Thickness (D.F.T.) Tidak ada pelarut / tidak V.O.C. 2 Komponen dengan rasio campuran 2 sampai 1.
  2. Solvent Base Epoxy High terdiri dari 2 sampai 4 mils Dry Film Thickness (D.F.T.) 40 sampai 55% vol. padatan dengan 45 sampai 60% Pelarut Penyusutan dan Penguapan 2 Komponen dengan rasio 1 sampai 1.
  3. Base Pelarut Epoksi Rendah terdiri dari 1 sampai 2 Dry Film Thickness (D.F.T.) 30 sampai 40% padatan volume dengan 60 sampai 70% Pelarut Penyusutan dan Penguapan 2 Komponen dengan perbandingan rasio 1 banding 1.
  4. Water Base Epoxy dengan 1 sampai 1,5 mils Dry Film Thickness (D.F.T.) 30 sampai 40% vs. dengan 60 sampai 70% penyusutan dan penguapan 2 komponen dengan rasio campuran 1 banding 1 dan atau 1 komponen.
  5. Water Borne Epoxy sama dengan Water Base Epoxy.
  6. Modified Epoxy sealer 1 sampai 2 mils Dry Film Thickness (D.F.T.) 5% Epoxy aditif dengan kira-kira. 30% bahan aktif dan pengisi lainnya. 30 sampai 40% vs dengan 60 sampai 70% penyusutan dan penguapan 1 komponen kelembaban produk yang dipulihkan.
  7. Basis Minyak Acrylic Enamel (Serambi dan Deck Paint) 1 sampai 1,5 mils Dry Film Thickness (D.F.T.) 30 sampai 40% vs. dengan 60 sampai 70% Pelarut Penyusutan dan Penguapan 1 komponen produk dengan air kelembaban.
  8. Moisture cured polyurethane sama dengan Modified Epoxy Sealer.
  9. Noda Asam No mil rating ketebalan Penetrating Sealer dengan beton untuk sifat reaksi kimia warna pada 1 komponen kelembaban.
  10. Water Base Stain No mil rating ketebalan Penetrating water berbasis stain sealer 1 komponen kelembaban.
  11. Sealers Standar: Aplikasi untuk teras beton, trotoar, jalan masuk, pavers batu bata dan stamping. NA NA 1 Komponen

kelebihan

100% Solids Epoxy (Resin base, Industrial Grade) Lapisan pelapis lantai Epoxy jauh lebih unggul dari semua cat lantai beton lainnya yang ada saat ini. 100% Solids Epoxy dikembangkan sebagai “pelapis lantai dengan perlindungan tingkat tinggi” untuk melindungi permukaan lantai beton dari volume lalu lintas yang tinggi dari ban hilos (ban / garpu baja) yang konstan dan berbagai gangguan fisik lainnya.

Seiring dengan keausan permukaan lantai beton, minyak pada mesin dan peralatan mekanik yang mengalami kebocoran. Tanpa perlindungan lantai beton yang tepat, seperti Epoxy Solids® 100% yang direkomendasikan, minyak dan cairan ini akan diserap melalui beton dan masuk ke tanah di bawahnya, sehingga terjadi kontaminasi dan potensi kerusakan pada permukaan lantai. Akibatnya, minyak dan cairan di dalam tanah ini berpotensi menimbulkan masalah lingkungan di masa depan.

Permukaan lantai beton sangat berpori dibandingkan cat dasar 100% Solids Epoxy. Sebagai perumpaan, bayangkan permukaan beton itu bertindak sebagai “spons” besar yang menahan dan mempertahankan air, cairan, kotoran, minyak, lemak, debu, jamur dan zat lainnya yang menyerap ke permukaan berpori. Permukaan lantai beton yang tidak dilindungi akan menghasilkan rentang hidup yang menurun. 100% Solids Epoxy adalah solusi permanen untuk masalah yang tercantum di atas. Berikut ini adalah keuntungan lain yang sangat penting saat menggunakan cat dasar 100% Solids Epoxy:

  1. Permukaan restorasi dan perbaikan
  2. Peningkatan reflektifitas
  3. Menolak tanda ban panas
  4. Tahan kimia
  5. Tahan abrasi
  6. Kelas industri
  7. Mudah untuk dibersihkan
  8. Tahan slip
  9. Tahan garam
  10. Tahan minyak
  11. Penyamarataan diri
  12. Gloss tinggi
  13. Estetika

PERSIAPAN PERMUKAAN BETON

Persiapan permukaan Lantai Beton baik Permukaan Lantai Beton Baru atau Lama harus bersih, bebas kontaminasi dan goresan, hal tersebut bertujuan untuk ikatan yang maksimal pada pengaplikasian Cat Epoxy nantinya

LANTAI BETON BARU

Kontaminasi lantai beton baru harus dihilangkan secara mekanis dengan penggiling, blaster tembakan atau dilapisi secara kimia dengan dasar asam rasio 4 banding 1 yang sebaiknya dicampurkan dengan pembersih beton dam eter “Anorganik Asam”.

LANTAI BETON LAMA

  1. Minyak yang kotor, kotoran, tumpahan bahan kimia atau lantai beton retak harus dihilangkan dengan pembersih agregat yang padat dilanjutkan dengan pembersihan menggunakan air.
  2. Isi semua retakan dengan filter yang direkomendasikan dan/atau epoxy dasar non-silikon, sealant joint poliuretan yang dapat dicat.
  3. Profil surface dengan metode Mekanik yang direkomendasikan atau metode kimia.

100% Solids Epoxy Resin Base Industrial Grade adalah satu-satunya pilihan untuk perlindungan lantai beton untuk menghias garasi, toko, dan ruang bawah tanah Anda atau untuk permukaan lantai beton dalam ruangan yang Anda inginkan.

 

Daftar semua produk lain yang tersedia untuk lantai beton di pasar saat ini, mulai dari produk terbaik di bagian atas daftar yaitu (100% Solids Epoxy) diikuti dengan rating tingkat kinerja dari keausan hingga ketebalan mil dan ketahanan kimia.

EPOXY GUARD-2 PARTS

Epoxy Guard Floor Coating adalah resin Epoxy dua komponen, yang tidak mengandung pelarut atau tar batubara. Epoxy Guard Epoxy Resin dirancang untuk digunakan pada aplikasi interior dan eksterior. PENGGUNAAN DASAR lapisan Epoxy direkomendasikan untuk beberapa aplikasi dasar seperti:

  • Sebagai resin dasar yang digunakan sebagai pelapis, untuk merangkum agregat tahan aus dan sebagai mantel kunci.
  • Sebagai overlay dengan agregat, untuk memberikan ketahanan aus ke lantai beton. Diisi dengan pasir silika, aluminium oksida atau pengisi tahan aus yang sesuai lainnya.

BATASAN

Epoxy Guard harus dipasang di atas 40F.

PENGEMASAN

Tersedia dalam 3 Gallon, dan 5 Gallon (Kit / unit).

WARNA STANDAR

Abu-abu muda

Tan

Abu-abu gelap

INSTALASI

Berkonsultasilah dengan produsen untuk metode persiapan permukaan beton lainnya seperti etsa / pembersihan asam beton. Terapkan Epoxy Guard Resin ke permukaan yang kering.

Coating System: Bagian A dan B harus dicampur secara terpisah sebelum digabungkan. Bila gabungan keduanya selesai dengan mesin kecepatan rendah dan dayung “Jiffy”, selalu gesek sisi wadah dan baki dayung.

Rasio campuran: 2 Bagian A sampai 1 Bagian B dengan Volume.

Uji Properti Metode Hasil Uji Berat per Gallon

10,1 lbs / gal Kekerasan (Shore D) ASTM D2240 70-80

Viskositas @ 77F (24C) ASTM D2196 2000-5000 cps

Cure Time @ 75F (24C) ASTM C920 12-24 jam

Ketahanan Abrasi ASTM D4060 Tabor 1000 rev Roda CS17, 1000 g Rugi 0.08 gram

Ketahanan terhadap Cuaca ASTM G53-83 Menguning

Kekuatan Tarik ASTM D412 5800 psi

Ultimate Elongation ASTM D412 15.00%

Tear Resistance ASTM D1004 180 pli

% Hasil 99,00%

Port Life @ ASTM C603 45 menit

Shelf Life @ 77F (25C) (2 tahun dalam wadah tertutup)

ketahanan Kimia Tidak terpengaruh oleh bensin, minyak, dan pendingin

Hamparan Beton:

Gunakan sebagai mantel slurry untuk menambah kekuatan dan ketahanan aus. Campur Bagian A & B, lalu tambahkan pasir silika halus, aluminium oksida atau pengisi yang sesuai lainnya. Jumlah yang ditambahkan akan menentukan kepadatan dan tekstur permukaan yang dihasilkan. Epoxy Resin dapat dibiarkan mengering kembali, atau bisa dilapisi dengan uretana untuk meningkatkan ketahanan warna dan keausan.

PERCAMPURAN

Pra-campurkan resin Part A secara menyeluruh. Tuangkan Bagian A dan kemudian Bagian B ke dalam ember 6 galon (Rasio: 2 bagian A sampai 1 bagian B dengan volume). Mulailah mencampur tidak kurang dari 3 menit dengan menggunakan motor bor dan tongkat pencampur yang disediakan.

APLIKASI

Potong semua tepi dengan menggunakan sikat trim 2 inci yang disediakan. Squeegee dan back roll 3 sampai 5 bagian kaki sampai area permukaan selesai.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *